Sharing is Caring

Nama-nama Dewa Dewi Bulan dan Kisah Legenda nya

Nama-nama Dewi Bulan. Banyak sekali kisah legenda dewi bulan yang tersebar di seluruh dunia. Hampir di setiap belahan dunia memiliki kisah dan legenda tersendiri tentang dewi bulan. Meski merujuk pada sosok yang sama, tetapi dewi bulan memiliki banyak nama yang berbeda. Kisah legenda yang melatar belakanginya boleh berbeda, tapi ada satu kesamaan, yaitu bahwa kisah dewi bulan ini berhubungan erat dengan kisah asmara. Berikut ini adalah beberapa nama dewa-dewi bulan dan cuplikan kisah legendanya.

Nama-nama Dewa Dewi Bulan

1. Phoebe (Yunani)
Phoebe adalah nama salah satu titan yang menguasai bulan dalam mitologi Yunani. Dia adalah ibu dari Leto dan merupakan bibi dari Selena sang dewi bulan.

2. Selene (Yunani)
Selene atau Selena adalah putri dari Hyperion dan Thea adik dari dewa matahari Helios dan dewi Fajar Eos. Setiap malam Selene di percaya menarik kereta bulan  melintasi langit. Bersamanya dia menebarkan hasrat cinta kasih dalam hati pasangan kekasih. Kosentrasinya seiring dengan perubahan bentuk bulan dari sabit hingga purnama.

3. Coyolxauhqui (Aztec)
Coyolxauhqui adalah dewi bulan. Dia adalah putri dari penguasa Huitznahuas Centzon. Coyolxauhqui adalah seorang penyihr yang hebat. Karena kehebatannya itu dia berani menentang ibu kandungnya. Namun dalam perang saudara itu Coyolxauhqui kalah dan kepalanya di penggal lalu di lemparkan ke langit . Kepala Coyolxauhqui itulah yang setiap malam kita kenal sebagai bulan.

4. Anningan (Bangsa Inuit)
Anningan adalah di kenal sebagai dewa bulan yang jatuh cinta pada adiknya sendiri dewi matahari, Malina. Tapi Malina menolak cintanya. Anningan tidak putus asa, setiap hari dia tetap mencoba mengejar Malina untuk memuaskan hasrat cinta terlarang itu. Itu sebabnya bulan danmatahri selalu berkejaran. Sesekali Anningan berhasil mendapatkan Malina dan memperkosanya, itulah yang menyebabkan fenomena gerhana bulan dan matahari.

5. Soma (Hindu)
Soma adalah dewa bulan yang dalam hindu disimbolkan dengan lambang embrio ataupun banteng. Soma melambangkan kesuburan dan pengobatan serta kesucian. Dia berdiam diri di bulan dan hanya menampakan diri di saat bulan purnama menjelang.

6. Dewi Kamaratih (Bali)
Dewi Kamaratih adalah dewi bulan. Dia merupakan istri dari batara Kamajaya yang merupakan titisan dewa Wisnu.

7. Luna (Romawi)
Luna adalah dewi bulan versi Yunani. Luna adalah lambang kecantikan, kelembutan dan kegairahan. Luna mempunyai seorang kekasih yang sangat tampan. Dan karena ketampanannya itu sang kekasih tidak ingin menjadi tua dan rentah. Dia memohon pada dewa agar tetap muda, gagah dan perkasa meski harus tertidur selamanya. Dan dewa mengabulkan permintaan sang kekasih. Luna menjadi bersedih dan berduka hingga wajahnya menjadi pucat. Warna pucat itulah yang kini selalu menghiasi bulan kemana saja dia menampakan diri.

Bagikan :
Back To Top