Sharing is Caring

Cara memasang Google webmaster tool verification di WordPress.

Cara memasang Google webmaster tool verification di WordPress. Blogging di platform WordPress yang tidak di host oleh google memang sedikit ribet. Terutama dalam hal mengakses google webmaster tool. Karena harus melakukan verifikasi secara manual. Tapi karena Google webmaster tool ini tegrolong penting bagi seorang blogger untuk mengetahui kinerja laman blog yang di kelolanya, maka mau tidak mau, yang sedikit ribet itu harus di lakukan juga.
Sebenarnya cara memasang Verifikasi Google Webmaster Tool di WordPress tidak berbeda jauh dengan cara memasang  kode yang sama di blogspot. Harus sama-sama di letakan di bawa kode <head>. Bedanya, karena theme wordpress kebanyakan menggunakan css sedangkan blogspot html, maka ada sedikit perbedaan. Kemudaannya adalah, dalam beberapa kesempatan ada theme wordpress yang sudah SEO friendly kita tinggal memasukan kode verifikasi saja. Atau jika mau bisa menggunakan plugin Google Webmaster tool yang banyak beredar saat ini. Tapi bagi mereka yang themenya sangat sederhana, maka harus memasukan sendiri meta tag verifikasi di templatenya. Berikut adalah caranya:
1. Login ke Google Webmaster anda
2. Klik Add Site atau Tambahkan Situs
3. Masukan URL  situs yang ingin di tambahkan
4. Pilih Metode Alternatif
5. Pilih Tambahkan meta Tag HTML, copy kode yang di berikan.
6. Login akun wordpress self hosting anda
7. Pilih Appearance => Editor => Header (header php)
8. Temukan kode ini: <head profile=”http://gmpg.org/xfn/11″>.
9. Paste kode Verifikasi Google Webmaster tepat di bawahnya.
10.  Klik update File
11. Kembali ke akun Google Webmaster tool, lalu klik VERIFIKASI
12. Selesai.
Nah… selamat, situs anda kini sudah terdaftar di Google Webmaster Tool.  Itulah langkah-langkah yang harus di lakukan jika anda ingin memiliki situs yang di dukung oleh Google. Mudah bukan? Untuk lebih jelasnya amati gambar di samping.
Bagikan :
Back To Top