Sharing is Caring

Cara Membuat Alat Setrum Ikan

Cara Membuat Alat Setrum Ikan. Anda hobi makan ikan?  Tapi tidak punya kolam. Punya banyak waktu untuk memancing tetapi tidak pernah dapat ikan, alat setrum ikan adalah salah satu alternatif yang bisa anda gunakan. Tidak perlu capek menunggu lama-lama menanti umpan pancing di makan ikan. Cukup dengan memasukan alat kedalam air, di air yang tenang, ikan yang ada di dalamnya pasti akan mabuk semua karena tersetrum arus listrik. Hanya mabuk atau pingsan, tidak sampai mati. Jadi masih bisa di katakan segar, meski agak sedikit  sekarat Smile with tongue out. Emang kedengaranya kejam sih, ikan kok di setrum, tapi teknik ini adalah teknik mencari ikan yang sudah sejak lama di gunakan orang. Kelebihannya, jika lubuk banyak ikannya, maka ikan yang didapat akan sangat banyak. Kekurangannya, ikan-ikan yang masih kecil juga dapat kesetrum sehingga akan menyebabkan kemusnahan bibit ikan di lubuk.

Cara membuat alat setrum ikan

Sebenarnya, untuk dapat menyetrum ikan, tidak perlu membuat alat setrum sendiri. Karena alat setrum ikan sudah banyak di jual di toko-toko peralatan nelayan. Tapi tentu saja dengan harga yang lebih mahal di bandingkan dengan membuatnya sendiri. Dan jika ingin membuatnya sendiri juga tidak susah, anda hanya perlu menyiapkan peralatan yang akan di gunakan untuk merakit alat setrum ikan. Kalau mau alat strum ikan rakitan sendiri yang sudah jadi, juga bisa. Situs strumikan.blogspot membuka lapak yang menawarkan jasa pembuatan alat setrum ikan rakitan atau cara merakitnya sendiri.  Apapun yang berhubungan dengan alat setrum ikan, anda bisa menghubungi adminnya dan bertanya.
Admin dtebu sendiri, mencoba mencari sedikit bocoran bagaimana cara membuat alat setrum ikan versi strumikan.blogspot. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat alat setrum ikan sendiri versi strumikan.blogspot.
Alat dan bahan untuk membuat setrum ikan
AlatBahan
  • Tang
  • Gunting
  • Cutter
  • Aki 12 V
  • Kawat email dengan diameter 1,5 mm sebanyak 3,5 ons.
  • Inti besi lunak ukuran 11 cm sebanyak 30 keping.
  • 1 buah Kondensor yang masih berfungsi dengan kapasitas 0,25uf.
  • 2 keping platina berkualitas baik.
  • Baut sekrup secukupnya
  • Isolasi
  • Papan kayu untuk merangkai komponen.
  • Tongkat besi pipih yang mempunyai gagang terbuat dari kayu.
Cara merakit alat setrum ikan
  1. Rapatkan keping inti besi sehingga terbentuk balok yang terdiri dari kepingan-kepingan.
  2. Lilitkan kawat email mengelilingi balok kepingan inti besi secara teratur dari kiri ke kanan dan berderet rapi dari ujung keujung hingga habis.
  3. Sambungkan ujung kawat email sebelah kanan dengan kutub positif aki 12 V.
  4. Sedangkan ujung lainnya hubungkan dengan kondensor.
  5. Dari kondensor sambungkan dengan satu keping platina (1), yang di lekatkan dalam posisi sejajar dengan keping platina (2) yang lain, lalu hubungkan ujung platina (2) dengan kawat email yang terhubung dengan kutub negatif aki.
  6. Dari sambungan antara kawat email yang melilit inti besi dengan kawat email yang mangarah ke kondensor terdapat titik percabangan keluar menggunakan kawat email menuju ke tongkat besi pipih.
  7. Dari kawat email yang keluar dari platina dan mengarah ke aki juga di buat titik percabangan di bagian tengah yang ujungnya mengarah ke tongkat besi pipih.
  8. Kedua plat platimun yang berdiri sejajar berfungsi sebagai on/of saat kerja penyetruman di lakukan. Arus keluar melalui tongkat besi pipih yang mempunyai gangang dari kayu. Tongkat besi itulah yang di masukan kedalam air saat kerja peyetruman berlangsung. Untuk mengetahuilebih detail cara merakit alat setrum ikan, silahkan amati gambar skema alat penyetrum ikan dari situs setrumikan.blogspot.
Tapi apapun, saya tidak menyarankan anda untuk menangkap ikan dengan cara menyetrumnya, karena dapat memusnahkan bibit ikan yang ada di lubuk sebab ikan-ikan yang masih kecil ikut tersetrum dan mati. Dan hal tersebut akan merusak ekosistem.
Bagikan :
Back To Top