Sharing is Caring

Loading...

Cara membuat es puter sederhana ala @MayZulaikha.

Cara membuat es puter sederhana ala @MayZulaikha. Tinggal di daerah terpencil, di mana untuk jajan saja harus ke kota, kita di wajibkan untuk kreatif. Bentuk ke kretaifan banyak ragamnya. Kali ini saya akan membagi resep cara membuat es puter sederhana ala May Zulaikha. Begitu sederhananya sehingga siapa saja yang tertarik bisa coba, karena bahan-bahan yang di butuhkan sangat mudah di dapat. Yang paling penting tentu saja punya freezer, karena kalau harus menggunakan es batu sebagai pendingin, terasa ribetnya.



Bahan-bahan untuk membuat es puter sederhana adalah sebagai berikut:
  • 1,5 liter Santan (bisa dari 1 atau 2 butir kelapa, tergantung selera)
  • 80 gram gula ( sesuai selera)
  • 3 helai daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan tepung Maizena
  • (Khusus es dung dung tambahkan buah seperti nangka, starwbery, serutan kelapa muda)

Cara membuatnya:
  1. Campur jadi satu santan, gula, garam, daun pandan dalam sebuah panci
  2. Larutkan tepung maizena dalam sedikit air santan, aduk hingga tidak ada yang menggunpal. lalu campur kedalam air santan. (Khusus es dundung, masuk kan sekali buah yang telah di siapkan)
  3. Panaskan campuran santan diatas api sedang sampai mendidih. 
  4. Angkat dan dinginkan
  5. Setelah dingin masuk kan kedalam frezer selama 2 jam atau setengah beku
  6. Keluarkan dari dalam freezer, keruk dengan sendok bagian yang telah mengeras, lalu putar mengunakan mixer dengan kecepatan tinggi, sehingga bagian yang beku akan bercampur kembali dengan yang masih belum beku. Setelah itu masukkan lagi kedalam freezer. Setelah 1 jam, di keluarkan untuk di putar lagi (lakukan 2-3 kali).
  7. Es siap di nikmati.

Cara penyajian:

Penyajian ada 2 cara, yaitu:
1. untuk es putar yang bahan dasarnya hanya santan, dapat di nikmati dengan berbagai bahan tambahan, seperti roti tawar, kolang kaling, nangka, rumput laut, selasih,  dan lain-lain. Untuk penyajian jenis ini, es biasanya akan di tambahkan susu dan sirup marjan coco pandan sebagai penguat rasa dan aroma.

2. Untuk es putar yang bahan dasarnya sudah di campur buah, seperti nangka, strawbery, kelapa muda, maka bisa di nikmati secara langsung, tanpa bahan-bahan tambahan. Tapi saat pembuatan, kadar gula harus di tambah agar lebih manis. Dan es yang di hasilkan sepintas serupa es dung dung yang populer itu.

Demikian cara membuat es puter sederhana ala @mayzulaikha. Semoga bermanfaat...



Bagikan :
Loading...
Back To Top